Kata team atau tim yang seharusnya berarti together we achieve more, tetapi pada kenyataannya yang sering terjadi justru sebaliknya. Seperti misalnya dalam dunia bisnis, kita mungkin sudah banyak mengetahui kerjasama antara teman-teman akrab atau bahkan kerabat untuk merintis bisnis tetapi tak berjalan lancar bahkan pada kemungkinan yang paling buruk bisa memicu kandasnya persahabatan. Lalu apa sesungguhnya yang salah, seakan-akan mereka melupakan masa-masa sulit dalam merintis usaha tersebut
Kerjasama yang pada awalnya diharapkan bisa menghasilkan sesuatu yang jauh lebih besar karena dipikirkan oleh banyak kepala dan dikerjakan oleh lebih banyak tangan justru menimbulkan masalah yang dapat mengancam kekompakan dalam persahabatan. Sebagai langkah antisipasi agar bisnis yang tengah Anda rintis bersama rekan-rekan Anda tak mengalami masalah yang sama inilah 3 faktor penyebab gagalnya kerjasama bisnis
MASALAH
RINCI MASALAH
Timbulnya perasaan dari salah satu pihak bahwa porsi kerjanya lebih banyak dan lebih sulit bila dibandingkan dengan pihak lain berpotensi menjadi pemicu rusaknya kekompakan tim. Pada kenyataannya, idealnya dalam bisnis setiap orang memang berkontribusi sesuai dengan kapasitas dan potensinya masing-masing demi meraih tujuan serta demi kesuksesan usaha yang tengah dirintis. Bila salah satu pihak merasa bahwa bebanya memang lebih berat bila dibandingkan dengan anggota yang lainnya lambat laun hal ini bisa memicu terjadinya permasalahan.
Pada awalnya seluruh anggota tim umumnya bersemangat untuk membangun bisnis bersama, tetapi lama-kelamaan motivasi mereka bisa hilang bila yang bersangkutan terutama yang merasa telah bekerja keras merasa reward yang diperolehnya tetap sama dengan rekannya yang lain yang bermalas-malasan. Inilah yang kemudian menjadi penyebab mundurnya seseorang dari kerjasama bisnis dan merintis usaha secara pribadi sehingga tak perlu membaginya dengan orang lain.
Semakin banyak tangan yang bekerja seharusnya membuat suatu pekerjaan terselesaikan dalam waktu yang lebih cepat serta dengan hasil yang maksimal. Tetapi hal ini juga bisa menjadi boomerang bila terlalu banyak tangan yang bekerja justru menyebabkan hilangnya koordinasi dan menghilangkan fokus atas apa yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena seluruh anggota tim merasa mempunyai posisi yang setara dan setiap orang pasti merasa idenya yang paling baik dan harus diterapkan untuk menyelesaikan proyek tersebut atau dalam menemukan pemecahan bila terjadi masalah.
TIPS untuk menghindari konflik tersebut diatas dapat dibaca pada artikel selanjutnya..
MANFAAT MITRANAGARI
1. Bisa Terhubung dengan Konsumen
Mayoritas orang zaman sekarang mengandalkan internet untuk berbagai keperluan, praktis nyaris seharian berada di dunia maya. Pebisnis yang melakukan promosi online akan lebih mudah terhubung ke konsumen. Sebab pemasaran dilakukan lewat internet, entah itu dengan sosial media maupun dengan website.
2. Membantu Melacak Perilaku Konsumen
Memutuskan memakai teknik pemasaran digital membuat Anda melacak semua tindakan sampai keputusan dan preferensi dari konsumen. Sehingga pemasaran ini sangat membantu mengenal konsumen lebih dalam, supaya pemasaran yang dilakukan bisa tepat.
3. Meningkatkan Pendapatan Bisnis
Jika ingin pendapatan bisnis meningkat dengan cepat maka ada baiknya melakukan pemasaran digital. Sebab promosi lebih efektif dan mudah menjangkau konsumen, sehingga potensi omset naik cukup tinggi.
4. Bisnis Lebih Kompetitif
Memasarkan produk dan jasa secara digital akan membantu menjadikan bisnis lebih kompetitif. Sebab fleksibel dan selalu mengikuti perkembangan zaman, sehingga eksistensinya lebih terjamin.
5. Teknik Marketing Lebih Mudah
Dengan mengandalkan pemasaran digital maka proses promosi atau pemasaran lebih mudah, yakni bermain dengan kursor di layar komputer. Sehingga sangat mungkin untuk dilakukan sendiri. Namun bisa pula menggunakan jasa digital marketing agency terpercaya agar semakin praktis.
6. Solusi Menghemat Biaya Promosi
Pemasaran lewat internet juga menjadi solusi atas keterbatasan dana, sebab anggaran bisa diatur. Misalnya saja beriklan dengan Google Ads, maka biaya per klik bisa disesuaikan anggaran. Sehingga lebih terkontrol namun tetap bisa melakukan branding dan menggaet konsumen untuk melakukan pembelian.
7. Teknik Pemasaran Variatif
Berbeda dengan pemasaran konvensional yang tekniknya monoton, seperti memasang poster di jalan maupun membagikan brosur. Pemasaran online lebih variatif karena pilihan media promosinya banyak. Bisa memakai gambar, video, SEO, marketplace, dan lain sebagainya.
8. Hasil Promosi Bisa Dilacak
Lewat pemasaran online Anda dimungkinkan untuk melacak atau menelusuri hasil iklan. Sehingga secepatnya bisa mengecek iklan seperti apa yang efektif dan yang sukses menarik perhatian banyak konsumen.
9. Mempercepat Terjadinya Penjualan
Perlu diakui bahwa pemasaran online efektif untuk mempercepat terjadinya penjualan. Mengapa? Sebab pemasaran ini sifatnya online sehingga ketika konsumen melihat iklan dan tertarik. Maka akan langsung mengambil aksi, mulai dari menghubungi kontak maupun langsung mengisi form pemesanan.
10. Membantu Pengelolaan Bisnis
Jika melakukan pemasaran secara online maka sama artinya dengan mendapat kemudahan mengelola bisnis. Misalnya saja Anda berjualan lewat website, maka bisa update stok sekaligus melayani konsumen dari website tersebut. Sehingga sangat mungkin bisnis dikelola tanpa perlu merekrut banyak karyawan. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bisa dikelola sendiri, sehingga menjadi lebih mudah.
SEPERTI APA IDUKA ITU
Semua unit-unit kerja yang membutuhkan tenaga kerja yang dapat dipenuhi oleh penyelenggara Mitra Nagari, diantaranya:
Pabrik-pabrik besar, menengah dan kecil
Rumah makan/restoran, hotel, pengelola mall, bengkel, toko-toko, perbankan, aplikasi digital dll
Pemerintahan, BUMN, BUMD, BUMDES, yayasan lembaga swadaya masyarakat yang membutuhkan tenaga kerja
BAGAIMANA MITRANAGARI MENJARING MITRA BISNIS
PERSIAPAN AWAL
BAGAIMANA MITRANAGARI MENJARING IDUKA
a. Melakukan kunjungan sosialisasi ke IDUKA , bagaimana caranya ?
b. Pameran
c. Mengikuti pameran atau job fair
– sda
d. Menggunakan media sosial dan media massa
e. Memanfaatkan pemimpin pemerintahan, pemuka masyarakat dan masyarakat sebagai media Kemitraan dengan IDUKA
f. Memanfaatkan lulusan sebagai media kemitraanan dengan IDUKA
– Mediator
–
MEMELIHARA KEMITRAAN
– Komunikasi, update, produk, menghadiri undangan, promosi, pembelajaran
EVALUASI
Tips menghindari konflik Mitra Bisnis.
1. Komunikasi
Menjalin komunikasi yang terbuka sangat penting untuk dilakukan baik antar anggota tim atau antara anggota dan leader. Demi kesuksesan bisnis serta meraih tujuan tak ada pihak yang paling penting atau kurang penting karena semua orang adalah komponen dengan peran masing-masing.
2. Menjaga kekompakan
Sangat penting untuk menjaga energi dan pikiran positif tanpa saling menyalahkan. Kritik bisa dilakukan dengan cara yang baik agar yang bersangkutan tak merasa disudutkan. Untuk menghindarkan konflik jangan pernah meremehkan kapasitas pihak lain. Sebaiknya antar anggota tim saling mendukung dan membantu agar tercipta atmosfir yang baik dalam tim tersebut.
Membangun bisnis dengan kerjasama sesungguhnya bisa menjadi ide yang baik untuk meraih kesuksesan bersama. Selain itu beban yang berat akan menjadi ringan bila dipikul bersama seperti contohnya Mitra Nagari untuk pengembangan bisnis bersama tersebut. seandainya bisnis yang dirintis mengalami kerugian, pihak yang membantu untuk mengatasi hal tersebut juga akan lebih banyak daripada bila hanya ditanggung satu orang saja.
Dalam tim mana saja akan selalu timbul konflik karena pemikiran yang berbeda antara satu orang dan yang lainnya. Untuk menyelesaikan persoalan ini tentu dibutuhkan kompromi dengan pikiran yang terbuka. Bila semua pihak bisa menemukan win-win solution maka konflik akan dapat terselesaikan tanpa ada anggota tim yang merasa dirugikan. Sikap mental yang harus terus dijaga adalah pikiran positif, keikhlasan, serta kebesaran hati yang bisa menampung seluruh kepentingan semua pihak. Nah, semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang sedang atau berniat merintis bisnis bersama kawan-kawan karib atau kerabat.
Tinggalkan Komentar